Pelatihan K3 Online Sangat Diminati Saat Pandemi

Pelatihan K3 Online Sangat Diminati Saat Pandemi

Pelatihan K3 online – Ada yang tau kapan dimulainya sejarah keberadaan K3 di Indonesia ? apakah terjadi saat pembangunan sudah mulai menyeruak di bumi nusantara atau sudah ada sejak zaman penjajahan belanda dulu ? Sejarah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Indonesia berawal dari dari ditemukannya mesin uap yang membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan yang sulit. Usaha K3 di Indonesia dimulai tahun 1847 ketika mulai dipakainya mesin uap oleh Belanda di berbagai industri khususnya industri gula. Tanggal 28 Februari 1852, Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan Staatsblad No 20 yang mengatur mengenai keselamatan dalam pemakaian pesawat uap yang pengawasannya diserahkan kepada lembaga Dienst Van Het Stoomwezen.

Penggunaan mesin semakin meningkat dengan berkembangnya tekonologi dan perkembangan industri. Untuk itu, pada tahun 1905 dengan Stbl No. 521 pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan perundangan keselamatan kerja yang dikenal dengan Veiligheid Regelement disingkat VR yang kemudian disempurnakan pada tahun 1930 sehingga terkenal dengan stbl 406 tahun 1930 yang menjadi landasan penerapan K3 di Indonesia. Perlindungan tenaga kerja di bidang keselamatan kerja di Indonesia juga telah mengarungi perjalanan sejarah yang panjang, telah dimulai lebih dari satu abad yang lalu.


Fakta diatas sangat menggetkan bukan ? karena mulainya sejarah K3 di Indonesia hampir bersamaan dengan meledaknya revolusi industry di eropa. Peraturan tentang K3 selalu mengalami perkembangan dan perubahan seiring berjalannya waktu dan selalu mengarah menuju hal yang baik pastinya. Dewasa ini jika berbicara tentang K3 maka kita akan berbicara tentang Ahli K3, Ahli K3 umum merupakan tenaga kerja teknik berkeahlian khusus yang akan membantu pemerintah untuk mengawasi jalannya pekerjaan di lokasi kerja masing-masing agar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah ditetapkan pemerintah, anda bisa menjadi ahli K3 dengan mengikuti pelatihan K3 online di PJK3 yang resmi seperti Mutiara Mutu Sertifikasi.

Keberadaan ahli K3 umum akan turut membantu mengurangi risiko kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Dalam penunjukan ahli k3 umum, pemerintah telah mengatur tata caranya melalui Permenaker No.2 Tahun 1992. Disebutkan bahwa perusahaan yang memiliki pegawai lebih dari 100 orang atau memiliki risiko pekerjaan yang tinggi wajib mempunyai minimal seorang ahli K3 umum serta P2K3 (sumber).

Untuk menjadi seorang Ahli K3 bersertifikat KEMNAKER, anda bisa mengikuti pelatihan AK3U yang dikeluarkan oleh Mutiara Mutu Sertifikasi setiap bulannya. Pelatihan K3 online ini ini bertujuan untuk menhadirkan Ahli K3 yang berkompeten untuk menciptakan budaya K3 yang tertib pada setiap kegiatan industry, cek jadwalnya disini yaaa !